Skip to main content
Belajar Seo untuk pemula

Belajar SEO : Panduan Lengkap Bagi Pemula

Sebelum belajar seo tentunya kita harus mengetahui apa itu seo ?

 

kepanjangan dari SEO yaitu ( Search Engine Optimization ) yang artinya suatu cara,teknik atau metode untuk memperoleh posisi terbaik di serp dengan tujuan untuk memperbanyak traffic atau pengunjung.

 

Didalam SEO sendiri pengoptimasiannya di bagi menjadi dua yaitu seo on-page dan seo off-page.

 

Seo On Page dan Seo Off Page

 

Untuk Seo on page ialah faktor – faktor yang mempengaruhi dari dalam website / page kita, dan beberapa yang mempengaruhinya adalah meta tag, kode html, penempatan keyword, dan keyword density.

 

Sedangkan Seo off page sendiri faktor – faktor yang mempengaruhi dari luar website kita dan yang mempengaruhinya adalah backlink.

 

Untuk membangun backlink kualitas lebih diutamakan daripada kuantitas, yang saya maksud dengan kualitas yaitu kondisi website atau page yang akan kita masuki backlink,

 

tentunya yang memberikan kualitas lebih pada backlink yang akan kita tanam yaitu page rank, DA dan PA ( Domain Authority dan Page Authority), dofollow atau nofollow, dan se niche.

 

Beberapa Istilah Yang Perlu Anda Ketahui Dalam Belajar Seo

 

untuk seorang pemula Istilah – istilah dibawah ini akan memudahkan anda untuk mempelajari seo.

 

  • Meta Keyword : Meta Keyword merupakan kata kunci yang kita targetkan atau bisa dibilang topik utama yang akan kita bahas, misalnya dalam artikel yang saya bahas ini artikel ini membahas belajar seo, jadi itu kata kunci yang saya gunakan

 

  • Long Tail Keyword : long tail keyword merupakan kepanjangan atau turunan dari kata kunci contoh long tail keyword sendiri bisa anda perhatikan pada gambar dibawah ini:

 

long tail keyword belajar seo

Long tail kewyord dari keyword belajar seo adalah belajar seo gratis, belajar seo google, dan belajar seo dasar,

 

long tail keyword tersebut merupakan long tail keyword populer yang sering dikunjungi.

 

  • Crawl : crawling artinya mengikuti / merayapi jalur, jalur yang saya maksud adalah link. Setelah google spider merayapi atau meng-crawl link-link dalam website kita dia akan mengindex website kita ke search engine.

 

  • Research Keyword : research keyword merupakan proses untuk mencari keyword yang akan kita targetkan tentunya keyword yang kita targetkan haruslah yang dapat mendatangkan traffic. Cara riset keywod

 

  • Keyword Planner : keyword planner sendiri adalah salah satu alat untuk research keyword

 

  • Inbound link : link dari luar website kita yang ditujukan ke website kita.

 

  • Outbound Link : link dari dalam website kita dan di tujukan ke website orang lain.

 

Semoga beberapa istilah di atas dapat menambah wawasan anda dan mempermudah anda dalam mempelajari seo, sebenarnya masih banyak istilah – istilah lain dalam seo

 

tapi akan saya bahas nanti di artikel lain, selamat belajar !

Dicky Erlando

I Fall in Love with a girl. I dont know why, but my life is so colorful now and I dont know what she feels about me, but I wanna be with her forever :') selfish huh?

5 thoughts on “Belajar SEO : Panduan Lengkap Bagi Pemula

  1. Hmmm aku baru 2 bulan belajar ngeblog nih mas, masih newbie banget masalah SEO2an gini. Mungkin mas bisa ngasih saran blogku apakah sudah seo atau belum. Btw istilahnya agak lucu ya, Long tail keyword yang berarti kata kunci berekor panjang. 🙂

    1. wah kalau menilai blognya orang saya kurang paham soalnya bukan saya yang mengelola, tapi kalau saya perhatikan Da dan PA nya mas masih kecil, DA 5 dan PA 21, udah lumayan sih PA nya. btw kalau mas baru 2 bulan belajar blog, ini blog yang saya kelola baru 19 hari :V iya mas saya sebut long tail keyword soalnya kalau kita ngetik keyword dasar di google, di akhirannya ada tambahan kata buat keywordnya.

        1. salam kenal juga mas. Kalau batasan minimal saya tidak tahu mas tentu saja yang terpenting semakin tinggi semakin baik, penilaian DA dam PA dalam skala 0-100, untuk DA biasanya 1-30 itu cukup mudah untuk mencapainya mas.

          ya tentu saja berpengaruh untuk seo mas, misalnya saya ada blog baru DA dan PA nya masih 0 nah saya buat post baru, terus post saya di copy paste sama blog lain dengan DA dan PA yang tinggi, tentu saja post saya bakalan jatuh mas, yang copas malah diatas saya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *